About Me


====== Sekilas tentang Aku ======
Assalamu 'alaikum Wr. Wb,

Aku dilahirkan di sebuah Desa dalam wilayah Kabupaten Gunungkidul - Daerah Istimewa Yogyakarta pada sekitar akhir tahun 1976 dari keluarga sederhana, dimana ketika itu bapakku hanyalah seorang tenaga honor pada Departemen Pekerjaan Umum dan ibuku seorang ibu rumah tangga biasa. Aku tidak ingat pasti, namun aku patut berucap Alhamdulillah Puji Syukur kepada Allah SWT karena masa kecilku aku lalui dengan bahagia karena kebetulan sebagai anak sulung jarak umur dengan adik kandung dibawahku selisih lebih 5 tahun.
Masa sekolah mulai dari Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas aku lalui dengan normal yah biarpun tidak selalu menjadi Juara Kelas tetapi 12 tahun masa sekolah tanda ada penundaan dan yang patut juga aku syukuri termasuk Orang-tuaku adalah semua Sekolah itu berstatus Negeri, karena kita tahu Sekolah Negeri murah biayanya.
Dari kecil aku bercita-cita menjadi seorang Tentara, bergabung dalam Komando Pasukan Khusus (Kopasus) adalah mimpiku, dengan Baret Merahnya berjalan tegap gagah perkasa ..... terlebih cita-citaku semakin berkobar tatkala pada suatu hari dimasa SMA aku pernah menjadi korban "kekerasan" seorang Polisi Lalu Lintas berpangkat Tamtama dimana pada saat aku mengendarai sepeda motor di jalanan aku tertangkap tanpa menggunakan Helm, tapi kenapa pak Polisi itu harus memukulkanTongkat Polisinya ke kepalaku? Itu yang membuat aku tidak terima dan keinginanku untuk segera lulus SMA kemudian mendaftar dan masuk menjadi anggota Angkatan Bersenjata Republik Indonesia ( dulu : ABRI sebelum menjadi TNI ) semakin membara.
1994, karena sangat inginnya aku segera menjadi Tentara padahal waktu itu aku masih Kelas 3 SMA, aku sudah mencoba mendaftar AKABRI (Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia), tapi gagal .... "Belum cukup Umur " kata Panitia. Satu tahun aku menunggu untuk kemudian pada tahun 1995 aku mencoba kembali, namun entah mengapa mungkin karena ini adalah test pertamaku aku menjadi sangat gugup, gemetar sehingga mungkin ini yang kemudian dijadikan alasan Dokter (Panitia Tim Kesehatan) untuk kemudian sekali lagi aku gagal ......
Masih ditahun yang sama, aku mencoba peruntungan dengan mengikuti seleksi penerimaan Secaba TNI-AL (Angkatan Laut), dalam pikiranku yah tidak apalah "Baret Jingga" nya Marinir yang penting aku nanti tetap bisa membuat perhitungan kepada oknum Polisi Lalu Lintas yang telah memukul kepalaku itu ...... tapi apa lacur ternyata memang bukan nasibku untuk menjadi Tentara ..... aku gagal lagi, benar-benar 2 tahun yang menjadi sia-sia .....
Melihat kegagalan demi kegagalan itu mungkin orang tuaku kasihan melihatku sehingga berkali-kali membujukku untuk mencoba mendaftar menjadi Polisi .... haaaaaaaah?????!!!! Sesuatu yang tidak bisa kuterima, namun masuk akal pada jaman itu karena orang tuaku mengatakan bahwa sebenarnya sama saja karena Polisi juga ABRI selain itu juga beberapa saudara orang tuaku sudah ada yang menjadi Polisi dan mungkin ada jalan ke arah itu .....
"Ya, coba sajalah !", demikian kata hatiku sehingga di akhir tahun 1995 aku berangkat "merantau" ke Ibu Kota RI - Jakarta Raya, Selamat Datang Jakarta, aku datang dari Desa akan kutakhlukan ibu kota !!! Hahahahahahahaha ....... Kurang lebih setengah tahun berkutat dengan test Secaba Polri di Polda Metro Jaya, dan akhirnya aku lulus test !!! Tapi, aku harus menjalani pendidikannya di Ujung Pandang - Sulawesi Selatan, haaaaaaaaaaaaah? Kedua orang tuaku berkata, " Nggak usah berangkat nak, jauh sekali ! ". Sesuatu yang tidak mungkin dimana masa itu mencari pekerjaan saja susah kenapa sesuatu yang sudah didapat dan ada didepan mata tidak dijalani? Akhirnya setelah berunding dengan orang tuaku, pada pertengahan tahun 1996 aku bersama lebih dari 500 orang diberangkatkan menggunkan "KM. Dobon Solo" dari Pelabuhan Tanjung Priok - Jakarta Utara untuk disebar ke Pulau Kalimantan, Maluku, Papua dan tentunya Pulau Sulawesi dimana aku akan menjalani pendidikan nantinya.
Singkat cerita setelah kurang lebih 3 tahun aku berdinas sebagai seorang Polisi dengan pangkat Sersan Dua di Polda Sulawesi Selatan, tiba-tiba di awal tahun 2000 pada masa Reformasi datang Telegram Kapolri pada saat itu Jenderal Pol. Drs. Roesdihardjo yang mempunyai rencana melakukan penerimaan taruna Akademi Kepolisian (AKPOL) dari Bintara Polisi yang telah berdinas minimal 2 tahun, bimbang dan ragu itulah yang ada dibenakku, antara mencoba mendaftar Akpol atau mencari jodoh untuk menikah karena pertimbangan umurku ..... Dengan mengucap "Bismillaahirrahmaannirrahiim", aku mendaftar! Dan aku lulus sehingga pada pertengahan tahun 2000 di suatu malam yang indah aku bersama 247 Calon Taruna Akpol se-Indonesia dapat memasuki "Tanggon Kosala" Pintu Gerbang Akademi Kepolisian di Kota Semarang dimana "Semua Polisi Terbaik telah melewati Gerbang ini".
Di akhir tahun 2003, Istana Negara - Jakarta menjadi saksi bagi aku dan ratusan Perwira Remaja lainnya dari berbagai matra (Darat-Laut-Udara dan Polri) dimana kami seluruh Perwira atas nama Tuhan Yang Maha Esa bersumpah setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia dibawah kata "Praspa 2003". Praspa 2003 membawaku kembali merantau ke Pulau Sumatera, tepatnya di Palembang - Sumatera Selatan.
Kurang lebih 5 tahun d Sumatera Selatan, aku patut bersujud dan bersyukur kepada Allah SWT dengan diberikan kesehatan, keselamatan serta kenikmatan sehingga saat ini aku telah dikaruniai 2 anak lelaki, mas Arya dan adek Radit dari seorang istri Sri Herawaty (Peluk ciumku selalu untuk kalian semua dan orang tuaku). Dan satu lagi rasa syukurku karena aku merasa telah ditunjukkan oleh Tuhan YME atas karier dan pekerjaanku, sehingga aku menjadi seorang Polisi anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia dan bukan menjadi seorang Tentara.
======= Alhamdulillahirrobbil aalamiin ======

CURICULUM VITAE
Nama : ASZHARI KURNIAWAN
Nama Kecil : Yari
Tempat/Tanggal Lahir : Gunungkidul/06-10-1976
Nama Istri : Sri Herawaty, SH
Nama Anak :
1. Aryaseto Nursandi Wiratama A
2. Raditya Adinata Ramadan A
Pendidikan Umum :
SD Negeri Logandeng di Gunungkidul tahun 1988
SMP Negeri Gading di Gunungkidul tahun 1991
SMA Negeri 2 Wonosari di Gunungkidul tahun 1994
Universitas Palembang - F. Hukum di Palembang tahun 2007
Pendidikan Militer / Polri :
Secaba Prajurit Karier XV di SPN Batua-Ujung Pandang TA 1996-1997
Dikjur Lan Ba Unit Opsnal Intelijen di Megamendung tahun 1999
Akademi Kepolisian di Semarang TA. 2000-2003
Pelatihan Pa TOT PHH di Kelapa Dua TA. 2005
Dikjur Lan Pa Idik TP. Uang dan Dokumen Palsu TA. 2005
Pelatihan Pa TP. Perbankan TA. 2009
Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian Angkatan 55 tahun 2009-2010
Riwayat Penugasan :
Unit Opsnal Direktorat IPP Polda Sulawesi Selatan
Bag. Pengamanan dan Sandi Direktorat IPP Polda Sulawesi Selatan
Pamapta Polres Ogan Komering Ilir Polda Sumatera Selatan
Kanit Buser Polres Ogan Komering Ilir Polda Sumatera Selatan
Kapolsek Jejawi Polres Ogan Komering Ilir Polda Sumatera Selatan
Kaur Bin Ops Sat Reskrim Pores OKI Polda Sumatera Selatan
Kapolsek Lempuing Polda Sumatera Selatan
Panit Perbankan Sat II Pidek Direktorat Reskrim Polda Sumatera Selatan
Motto :
" TIDAK ADA KATA TERLAMBAT UNTUK SEBUAH USAHA
YANG DIBARENGI DENGAN DOA"
Wassalamu 'alaikum Wr. Wb.

Google Search

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.